Pilih Warna Latar Blog Sesuai Minat Anda

Senin, 11 Februari 2013

kenyang yang Lezat di rumah makan bu entin Labuan

september 2010..aku mampir di rumah makan ini..udah lama banget yaa..untung masih ada foto2nya aku simpan..tapi foto nya ga komplit..jadi sebagian aku ambil tanpa permisi via google..he  he hee abis mau minta izin nya ribet dech..kan yang peting ga ngaku2 kalau itu hasil jepretan sendiri..

sabtu pagi itu mas herdy kakak ipar yang hobi mancing dilaut..minta anter bopo di drop di Labuan-banten..
dia mau guiding tamu2nya memancing di sekitaran ujung kulon..kapal kakak iparku ada di Labuan..disitu ada amak..yang ngerawat kapal sekaligus jadi pengemudi kapalnya..
dari bintaro kita meluncur ke Labuan via serang-pandeglang..biar ga kena macet di jalur anyer-carita nya..
sekitar 3 jam kita nyampe juga di Labuan..amak cs udah siap2 dengan segala atribut perang nya, siap panen ikan..yuhuuuu..

sebelum kita ninggalin mas Herdy untuk dijemput lagi minggu sore..kita pesen ke emak..ibunya amak..minta dibuatkan otak2..yaaa otak2 Labuan emang terkenal enak banget..
biasanya emak bikinin sate bandeng..kalau lagi ga musim bandeng..jadi sate ikan kembung..enaaaak..
aku sering dikasih jatah sate ikan nya..
yang belum tau sate bandeng/kembung khas banten..ikan utuh dikeluarin daging nya..dikasih bumbu2..terus dimasukkan lagi kedalam ikan yang sudah kosong ga ada daging nya..dibakar..jadi dech..rasanya..woooow..azubile mantaps..

pulang nya kita ambil jalur pandeglang-serang, perut udah mulai nyubit2 laper..aku bilang ke bopo kita makan di rumah makan yang tadi dikasih tau mas herdy aja..katanya disana enak dan murah..rumah makan bu entin
parkiran nya penuh..mungkin pas jam makan siang dan hari sabtu jadi banyak yang mampir


mejeng dulu dong..


masuk kedalam disambut aroma wangi bakar2an ikan yang memenuhi hidung membuat rasa lapar semakin menjadi2..untunglah masih kebagian meja..
aku sempatkan melirik kiri kanan depan belakang..di bagian depan ada etlase kaca besar untuk menata berpuluh hidangan..
di belakang kiri ada seperti panggung yang penuh dengan tumpukkan berwarna hijau..dari jauh seperti daun..penasaran aku mendekatinya..
astaganagaaaa itu ternyata tumpukkan beratus2..mungkin beribu2 otak2 yang sudah matang..terbungkus daun yang agak gosong..
aha ha haaa..buanyaaak buangeeeet..otak2 bu entin ini memang sangat terkenal..bisa jadi oleh2 yang katanya tahan sampai 3 hari..
pantesan aja..di plang rumah makan nya..otak2 tertulis paling atas..


tuuuuch liaat..banyaaak bangeeet kan otak2nya..*foto dari google


terpesona oleh otak2 yg buanyaaak..


ini sebagian kecil menu yang ada di bu entin..tapi aku ga pesen sebanyak ini lhooo..*foto dari google


saatnya pilih2 menu..aku menghampiri etlase tempat makanan dipamerkan..
bingung juga ya mau pesan apa..abis semua terlihat menggoda mata tampak lezat2..
aneka bakaran seafood..aneka sayuran..aneka tumisan..banyak dech jenisnya..
setelah pesan ikan, udang, sate sapi, otak2 dan urap..duduk manis kembali dech sambil ga sabar pengen cepet2 makan..
ga lama nunggu datanglah teteh pelayan bawain nasi yang masih mengepul hangat dalam wadah boboko dan piring2 berisikan makanan yang telah dipesan..
ada udang dan ikan bakar yang ditusuk menyerupai  sate..
ada sate sapi ajaib..ha ha haaa..iyaaa ajaib soalnya sate nya ukuran jumbo..irisan nya segede2 gaban..
ada sepiring otak2..ada urap..ada sambal..ada lalab..

pertama yang aku cobain otak2nya..abis gendut bangeeet..
bungkusan daunnya ga rapih ujung2nya berantakan..tapi rasanya..wuiiiich ini otak2 yang paling the best yang pernah aku makan..
selain ukuran nya gendut montoq..rasa nya enaaaak..enaaaak nya banget..daging ikan nya berasa segar..manis dan ga amis..tekstur nya lembuuut..ga berasa dech bisa abisin 5 bungkusnya..pantesan aja otak2 bu entin ini sangat terkenal..
yang bikin penasaran selanjutnya..apalagi kalau bukan sate sapi jumbo nya..irisan daging super besarnya pas digigit empuuuuk..bumbunya enak..satu tusuk juga ga bakalan abis dech ma sendirian..
seafood bakarnya aku hanya pesan yang ikan dan udang..
ikan nya seperti ikan kuwe..sepertinya ga dibumbuin macam2 selain garam..justru menurut aku rasanya jadi original..ditambah ikan dan udang nya memang segar..dimakan dengan nasi hangat dan sambal , nikmatnyaaaa..


the best otak2..


ikan kuwe dan udang bakar


ha ha haa..ini kena efek sate jumbo


ada satu favorit aku..yang tanpa sadar aku menghabiskan sepiring..urap..yaaa urap nya enaaaak bangeeeeet..sayuran segar toge dan kacang panjang dicampur dengan parutan kelapa yang berbumbu luar biasa..pedas manis ditambah rasa kencur dan daun jeruk bikin aku merem melek..segar nya sayuran..jadi kalap dech..
makan disini benar2 bikin kita kenyang..kenyang yang enak lezat luar biasa..
pas bayar juga ga bikin jantung coplok kaget dengan harganya..
karena untuk makanan selezat itu termasuk murah..kalau ga salah waktu itu..satu tusuk sate sapi jumbo 12 ribu, sate udang dan ikan nya jg sekitaran segitu..he he hee..maklum lupaaaa udah lama
pokoknya total sekitar 50 ribuan..
aku ga beli otak2 dibawa pulang..kan udah mesen ke emak..besok tinggal di ambil..

pulang menuju arah pandeglang..ada satu tempat yang menjual kue balok..
aku pengen tau kayak apa sich kue balok khas banten ini..ternyata hampir mirip dengan getuk..
terbuat dari singkong yang dikukus ditambah garam..ditumbuk biar halus dan kenyal..mirip dengan getuk dech..
adonan yang sudah ditumbuk itu disimpan dalam wadah seperti baskom ditutup biar tetap hangat, jika ada yang membeli baru dibungkus daun pisang yang sudah di olesi minyak kelapa mungkin biar ga lengket nempel..
dibentuk bulat..terus dikasih satu sendok bumbu serundeng yang berminyak banget..ditaburin bawang goreng..dibungkus..
taraaaaaa..jadi dech kue balok nya..harganya..duuch berapa yaa..murah kok..1500 atau 2000 rupiah kayaknya..
aku waktu itu beli 3 bungkus..aku makan di mobil..rasa singkong yang legit masih hangat bercampur dengan wangi bumbu serundeng yang manis ditambah rasa khas bawang goreng..ola la laaa..kok enaaaak juga yaaa..
sebuah penganan yang sederhana murah tapi rasanya sangat wuuuuiich..pengen nyobain lagi dan lagi..


ini dia penampakkan kue balok..*foto dari google..lupa waktu itu ga fotoin he he hee


besok sore nya..kita balik lagi ke Labuan dengan jalur yang sama..jemput mas Herdy..
dan pulang nya bawa oleh2 ikan segar hasil mancing dan puluhan otak2 buatan emak yang rasanya ga kalah dengan otak2 bu entin..

duuuuch..jadi pengen makan di bu entin lagi bawa baikok..dia belum pernah kesana
dan harga2nya masih semurah waktu itu ga ya..??
sekarang bu entin buka cabang di kota serang..
ayoooo doooong bopooooo..kita kesana lagi yuuuuq..






*komatkamit berdoa semoga di ajak ke bu entin lagi..




**
rumah makan bu entin
jl raya labuan
banten




senin11februari2013
bintaro
Sue..

2 komentar:

  1. wah sayang waktu ke anyer ga sempet mampir kesitu. dadakan jd kurang browsing :p

    BalasHapus
  2. >>
    mbak Riana,
    aku juga udah lama ga kesana..he he hee
    nanti kalau kesana lagi mampir dech mbak..
    otak2nya top banget..
    sekarang udah ada cabangnya di serang..tapi katanya masih lebih oke yang di labuan

    BalasHapus