Pilih Warna Latar Blog Sesuai Minat Anda

Selasa, 23 April 2013

ayam taLiwang yang membakar bibir di pasmod sektor 7 bintaro

gara2 pernah terdampar di pulau lombok..dari lahir sampai kelas 6 SD, lidahku sangat akrab dengan rasa masakan yang pedas2..salah satunya jenis per"pelecingan..
aku dari kecil sudah disuguhin pelecing ayam, pelecing kangkung, beberok timun/terong..daging suir2 pedas
ingat banget dech..setiap hari jumat ada yang suka bikinkan pelecing ayam bakar..papuq ucin namanya (papuq dalam bahasa sasak artinya kakek/nenek..papuq ucin ini sering bantu2 dirumah..seorang nenek yang sangaaaat pintar ngolah masakan khas sasak)
kalau lagi ke mataram (aku tinggal lama di kota selong lombok timur)..kita sering diajak makan disebuah rumah makan ayam taliwang di kota ampenan..rumah makan kecil..dibelakangnya ada pasar ampenan..masih terekam dalam kotak kenangan aku..bagaimana suasana rumah makan itu..ada meja2 kursi2..rumah makan yang beraroma asap harum bakaran ayam..pedas menggoda
pindah ke bandung..mamah masih sering buatkan pelecing ayam..meskipun ayamnya ga dibakar, sering bikin pelecing kangkung..beberuk terong/timun, daging suir2 pedas..
yang gawat pas aku lagi ngidam baikok..jadi ngiler makan pelecing ayam dan nasi bungkus dari rumah makan langganan masa kecil itu..
di bandung waktu itu belum ada rumah makan khas lombok..akhirnya aku dapat kiriman paket pelecing ayam taliwang kompliiiiit via pesawat terbang..kebetulan ada staf kantor papah wktu di selong yang berkunjung ke bandung..daaaan mau bawain ayam yang aku idam2kan itu..senangnyaaaaaa..pas buka paket itu aku sampai terharuuuuu..(biarpun sensasinya ga sama kalau makan langsung ditempatnya),
nasi bungkusnya ga bisa dibawain..(masih terbayang2..nasi yang dibungkus daun pisang..isiannya..ayam goreng khas taliwang dengan sambalnya..ada tumpukkan abon sapi buatan rumah makan itu..duuuch masih ada ga ya menu itu sekarang..)

ada yang belum tau menu2 khas lombok..?? coba masuk disini

tahun 93 dech kalau ga salah..ada rumah makan khas lombok di jalan citarum bandung, dan tentu saja kita sekeluarga rame2 pengen tau rasanya..waktu itu menunya lumayan komplit..bhkan ada sate pusut segala..tapi rasanya masih kurang oke..kurang nendang, mungkin mereka modif rasa aslinya..maklum waktu itu orang masih belum akrab ma rasa masakan khas lombok..

pindah ke jakarta..aku semakin gampang nemuin pelecing ayam..mereka pakai nama dagang ayam taliwang khas lombok..sepertinya udah banyak yang kesengsem menu2 khas lombok,
karena aku tinggal di jalan citayam santa, blok s..yang jadi langganan aku ada di melawai..bukanya cuma sore-malam, rasanya enak n pedasnya bisa di request..mau sepedas apa..
seru kalau ajak bopo makan ayam ini..karena hasilnya akan seperti manusia yang berlumuran air..ha ha haaa..alias keringetan karena pedas..
ga lama kita harus pindah ke bintaro..ech taunya ada rumah makan ayam taliwang yang baru mau buka di sebelah snappy jalan ws.monginsidi santa..kabarnya disitu bisa request level pedas..ada level setan saking pedasnya..aiiiich kebayang ya melernya..sayang aku belum sempat makan disitu

di bintaro tentu saja kita hunting pelecing ayam ada dimana, nemu juga di jalan utama sektor 3, rasanya tapi ga se oke yang di melawai..kalau kata aku sich bumbunya kurang nendang..
dan..mungkin karena kurang laku..rumah makan kecil itu tutup, waaaach jadi harus hunting lagi dech..
di BTC sektor 7 kalau malam di area parkiran banyak tenda2 makanan..salah satunya ada tenda masakan khas lombok..yihaaaa ada juga, setelah nyobain..hmmmmmm cocok banget ma yang kita mau..bumbunya..rasanya..harganya..sangat menyenangkan


warung tenda langganan kita di BTC pasmod sektor 7 bintaro




ini daftar menunya..dan belum pernah cobain menu ikan2nya

ada paket hematnya..

mas yang punya warung..gondrong lho, itu rambutnya di ikat..kayak vocalis band..he he he, namanya mas Ardy..aku sampai simpen no HP nya..

ini bumbu2 yang siap diracik..dan jadi olesan ayam-ikan bakar/goreng

biasanya kalau kita datang..pasti pesan 1 ayam bakar utuh dengan level super pedas, 2 piring nasi, 1 porsi beberuk terong..atau gantian dengan beberuk terong bakar atau pelecing kangkung..
kita pesan hanya itu saja..ditambah minuman es jeruk atau es campur
baikok ga suka pelecing ayam..dia cuma makan pelecing kangkungnya doang..baikok paling pesan makanan lain..seringnya sich nasi uduk plus pecel lele dari warung tenda disebelah..
padahal waktu aku ngidam baikok..ampe klepek2 cari pelecing ayam di bandung..dia suka pelecing ayam buatan aku dirumah..kalau beli kata baikok bumbunya pahit..
iya..memang beda sich kalau kita bikin sendiri..cabenya aja udah beda, rumah makan/warung khas lombok biasanya menggunakan cabe kering langsung didatangkan dari lombok..pedasnya memang beda..lebih menggigit
terasinya juga beda..kalau dari lombok asli, itu bau terasi juga pedes cabenya biarpun kita udah cuci tangan bakalan masih setia nempel ampe beberapa jam..mantaps kan..hi hi hii

datang makan ayam ini harus benar2 dalam kondisi lapaaaar..baru terasa lebih nikmat heboh seru..
bopo aja kalau lagi lapar berat bisa nambah nasi dan 2 potong paha lagi..soalnya porsi ayam ini kan kecil..memang dibikin dari ayam pejantan berumur 4-5 bulan..jadi masih kecil..tapi dagingya guriiih maniiiis..lezaaaat


ayam bakar super pedes..

ini pelecing terong bakar..foto ambil dari google, ga sempet foto..lupa, keburu abis..

ini pelecing kangkung..ambil dari google juga, pas pesen ini juga lupa difoto..

ini beberuk terong..ambil dari google

aku selalu harus bagian dada sayap..bopo yang bagian paha..




bopo lagi heboh kepedesan..

rakuuuus...aha ha haaa

ini review beberapa makanannya:

*ayam bakar : ayam jantan muda dibakar dengan olesan tumisan bumbu khas pelecing yang rasanya pedas, gurih disajikan dengan 2 macam sambal..asin pedas dan manis agak pedas
bumbu pelecing ini dominan dengan rasa pedas dari cabe, bawang merah, terasi sedikit kencur..
kalau untuk yang manis ditambahkan sedikit gula..

*pelecing kangkung : rebusan kangkung khas lombok yang renyah, toge rebus disiram sambal mentah pelecing pedas, ditambahkan kacang tanah goreng dan kelapa parut dengan bumbu urap

*beberuk terong/timun : terong/timun mentah bundar di iris kasar dicampur dengan bumbu uleg bawang merah, cabe, tomat, terasi dan jeruk sambal

*beberuk terong bakar : bumbunya sama dengan beberuk terong mentah..disini terong ungu panjang dibakar utuh

beberapa foto diambil dari google, soalnya pas aku review ini lagi ga pesan menu2 yang lain, hanya ayam dan terong bakar

saran untuk yang ga kuat pedas..jangan pesan yang super pedas..bisa2 ntar kaget melotot..


ini harga yang harus dibayar..

udah berapa kali ya makan disini..udah sering bangeeeet..hampir seminggu sekali pasti kesini
rasanya enak..pedasnya eduuun..harganya damai..ga bikin kecekik pas bayarnya..
kita bisa pulang dengan perut kenyang..dan bibir masih menyisakan rasa panas..juga ada semriwing2 mambu terasi dari jari jemari..he he hee..
biarpun udah dicuci,,terus tangan di uyek2 pakai remasan jeruk sambel..mambu terasinya masih juara..

och ya..bopo punya jurus khusus kalau makan disini..turun dari mobil ga lupa bawa dus tissu..
kasian katanya..ntar tissu si mas bisa habis dipakai bopo bwt lap2 keringat juga air2 yang meleleh dari mata hidung..aha ha haaa





**
ayam taliwang khas lombok
parkiran pasmod (malam)
jl.raya utama bintaro sektor 7
bintaro





selasa23april2013
victorian..bintaro
Sue..

3 komentar: